Yaya Ropandi

Bertarung di Dapil 5, Yaya Ropandi Perjuangkan Nasib Petani

Facebooktwittergoogle_plusmail

Fakta Bekasi, CIKARANG PUSAT-Calon Lagislatif dari PDI Perjuangan Daerah Pemilihan (Dapil) 5 Kabupaten Bekasi Yaya Ropandi perjuangan nasib para petani di dapilnya. Seperti diketahui sebagian besar wilayah di Dapil 5 masyarakatnya menggantungkan hidup sebagai petani.

“Masyarakat dapil 5 itu kulturnya pertanian makanya program-program yang perlu disuguhkan kepada mereka bagaimana keberpihakan kepada petani,” kata dia, saat ditemui di Kantor DPC PDIP Kabupaten Bekasi, Kamis (11/4/2019).

Yaya membeberkan program-program yang ia miliki untuk memperjuangkan nasib para petani di dapil 5 bila dirinya terpipih sebagai anggota DPRD nanti.

Salah satunya memudahkan para petani mendapatkan pupuk.”Mumudahkan para agen-agen di Dapil 5 mendapatkan pupuk. Dimana tujuannya agar para petani bisa dengan cepat bila nanti membutuhkan,” kata dia.

Lanjut dia, bentuk ganti rugi bila petani mengalami gagal panen. “Akses permodalan pertanian ketika gagal panen selama ini tidak ada subsidi atas hal tersebut, ini menjadi PR kedepan ketika ada kejadian tersebut, memang idealnya harus ada semacam pergantian yang diberikan pemerintah daerah,” ujar dia.

Perlu diberikan perhatian khusus terhadap infrastruktur sarana dan prasarana pertanian jika ingin meningkatkan hasil pertanian, ia menilai pembangunan infrastruktur pertanian adalah hal yang paling penting dalam memajukan hasil tani  di dapil 5.

“Saya akan mendorong adanya alokasi dana untuk perbaikan infrastruktur seperti irigasi, ini adalah langkah kerja yang bisa membawa perubahan pada kehidupan petani menjadi lebih sejahtera,” kata dia.

“Bukan hanya itu, pompanisasi juga harus menjadi program untuk penambahan alat, tujuannya memudahkan kelompok tani ketika mengalami kesulitan air saat musim kemarau tiba,” tutupnya. (FB)

Facebooktwittergoogle_plusmail