Monday , 17 December 2018
PT Monde Mahkota Biskuit yang beralamat di Jalan Tekno Raya A7, Kawasan Industri Jababeka III Cikarang Utara.

Dianggap Melakukan Perbuatan Melawan Hukum, PT Monde Bakal Digugat

Facebooktwittergoogle_plusmail

Fakta Bekasi, CIKARANG UTARA- Terkait dugaan pelanggaran hukum pada sistem rekrutmen dan status tenaga kerja magang PT Monde Mahkota Biskuit yang beralamat di Jl. Tekno Raya A7, Kawasan Industri Jababeka III Cikarang Utara. Kantor Hukum Paltma dan Associates selaku kuasa hukum peserta magang akan melakukan gugatan hukum.

Diketahui bahwa PT Monde mempekerjakan 323 peserta magang, dan pada tanggal 6 November 2017 Kantor Hukum Paltma dan Associates melayangkan surat permohonan pengawasan tenaga kerja, terkait dugaan pelanggaran tersebut kepada Kementrian Ketenagakerjaan RI dan Direktorat Jenderal Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan dan Keselamatan dan Kesehatan Kerja.

“Dari surat yang kami layangkan ke Kemnaker, pada tanggal 15 Desember 2017 pihak Kementrian  melalui surat dengan Nomor: R683/BINWASK3-PNKJ/XII/2017 jelas menegaskan bahwa sistem pemagangan yang dilakukan PT Monde tidak sah. Maka secara otomatis status mereka (peserta magang) berubah menjadi pekerja,” kata Kuasa Hukum Peserta Magang Palti Simanulang, S.H, Jumat (4/5/2018).

Masih kata dia, Meskipun Kementrian telah berulangkali mengajukan agar PT Monde segera melaksanakan rekomendasi tersebut. Namun, hingga saat ini pihak perusahaan masih tetap mempekerjakan para tenaga kerja magang dan tidak pernah mengubah staus mereka menjadi pekerja atau buruh tetap.

“PT Monde tidak taat terhadap hukum, pasalnya sampai saat ini mereka tidak melaksanakan rekomendasi dari Kemnaker. Atas dasar itu, kami sebagai kuasa hukum akan mengabil langkah-langkah hukum, kami akan melakukan gugatan hukum terhadap PT Monde ke Pengadilan Negeri Bekasi terkait dengan perbuatan melawan hukum (onrechmatige), selain itu kami juga akan melakukan Gugatan ke Pengadilan Hubungan Industrial terkait dengan status ketenagakerjaan para pekerja PT Monde,” tandasnya. (fb)

Facebooktwittergoogle_plusmail