Selasa , 15 Oktober 2019
Kepala Disdukcapil Kabupaten Bekasi Hudaya. Foto: Istimewa/ Fakta Bekasi.

Asik, Urus Dokumen Kependudukan Sekarang Bisa Cepat

Facebooktwittergoogle_plusmail

Fakta Bekasi, CIKARANG PUSAT- Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bekasi tengah menerapan tandatangan elektronik pada dokumen administrasi kependudukan. Program tersebut sudah jalankan sejak 20 September 2019 lalu.

“Program tandatangan elektronik tersebut lounching pada 20 september, tujuannya agar tercipta one day service dan akan merubah paradigma bahwa pelayanan kependudukan dapat terlaksana dengan cepat,” kata Kadisdukcapil Kabupaten Bekasi Hudaya, Selasa (8/10/2019).

Menurut Hudaya saat ini sudah tidak ada lagi alasan untuk lambatnya proses penerbitan administrasi kependudukan. Dari pengajuan awal, kemudian diverifikasi berkas, menginput data, selanjutnya dilakukan verfikasi ulang untuk approvel dan langsung di tandatangan elektronik kepala dinas selanjutnya bisa dicetak di kecamatan.

“Sekarang masyarakat tidak perlu lagi datang ke disdukcapil cukup di kecamatan bisa jadi. Jadi ketika saya ada keperluan rapat atau tugas di luar, kami bisa tetap lalukan tanda tangan menggunakan barcode itu bisa pakai tablet gadget saya tinggal mensetujuinya,” kata dia.

Perlu diketahui, tanda tangan elektronik itu berbentuk barcode yang berada di tempat tanda tangan di suatu dokumen administrasi kependudukan. Sebelumnya, tanda tangan dari kepala Disdukcapil dilakukan secara manual dan bagi masayarakat yang ingin melihatnya bisa membuka Aplikasi VeryDS. (FB)

Facebooktwittergoogle_plusmail