Selasa , 15 Oktober 2019
Ketua tim penggerak PKK, Holilah Eka Supria Atmaja serahkan nasi tumpeng kepada Kepala DPMPD Kabupaten Bekasi Ida Farida. FOTO: Istimewa/ Fakta Bekasi.

Bersinergi Dengan PKK, Pemkab Bekasi Launching Program Sekoper Cinta

Facebooktwittergoogle_plusmail

Fakta Bekasi, CIKARANG PUSAT–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) gelar launching Sekolah Perempuan Capai Impian dan Cita-Cita (Sekoper Cinta) bertempat di Gedung Wibawa Mukti Cikarang Pusat, Selasa (9/7/2019).

Sekoper Cinta merupakan upaya pemberdayaan perempuan untuk mewujudkan kesetaraan peran, akses, partisipasi, kontrol dan manfaat antara perempuan dan laki-laki di semua bidang.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bekasi, Uju mengatakan bahwa dengan adanya Sekoper Cinta ini diharapkan dapat meningkatkan fungsi kinerja Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dengan Bakti Karya Nyata dan dapat meningkatkan daya kreativitas dan inovasi dalam pengembangan program PKK.

“Dengan adanya program-program PKK ini saya harap bisa selaras dengan garis kebijakan program pemerintah yang semua itu harus di capai melalui karsa, inisiatif dan ketekunan,” ucapnya.

Selain itu, dirinya menambahkan bahwa untuk setiap PKK selalu senantiasa tumbuh dan berkembang sesuai dengan dinamika pembangunan di Indonesia dan ikut serta bergotong royong agar dapat menjaga kebersamaan untuk tercapainya program pembangunan pemerintah.

“Saya harap bagi para ketahanan keluarga dapat memilah informasi yang baik dan benar agar tidak termakan hoax, dan untuk para PKK agar untuk terus memberi bimbingan kepada seluruh perempuan di Kabupaten Bekasi ini agar dapat membantu meningkatkan kesejahteraan bagi para perempuan,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua tim penggerak PKK, Holilah Eka Supria Atmaja menambahkan bahwa gerakan PKK secara umum telah mengalami dinamika kehidupan organisasi yang sangat kompleks baik secara langsung maupun tidak.

“Walaupun banyak sekali peristiwa yang terjadi di Indonesia, yang tentunya sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan PKK khususnya di Kabupaten Bekasi, kita pun harus tetap bersyukur dengan komitmen dan semangat kader lapangan yang mampu menunjukkan kontribusi untuk mendukung pembangunan daerah,” ucapnya.

Selain itu, Holilah mengharapkan dengan adanya program Sekoper Cinta ini perempuan di Kabupuaten Bekasi ini mampu memiliki kemampuan pengetahuan dan menerapkan keterampilan dalam kehidupan sehari hari seperti kesehatan, penanggulangan bencana, relasi keluarga, etika, dan etiket.

“Untuk itu, mari kita selalu bersinergi dalam mewujudkan masyarakat yang lebih sejahtera yang bisa di mulai dari keluarga,” tutupnya.

Kepala DPMPD Kabupaten Bekasi Ida Farida mangharapkan program pokok PKK ini bisa bersinergi dengan Program-program Pemerintah Kabupaten Bekasi.

“Harapkan kami 10 program PKK bisa terimplementasikan, tujuannya agar masyarakat di Kabupaten Bekasi semakin lebih sejahtera, selama ini kita sudah bersinergi dengan tim penggerak PKK kecamatan, desa dan kader yang ada di tingkat desa,” kata dia.

Masih kata Ida, dari keseluruhan program yang diemban oleh masing-masing Pokja nanti akan ditingkatkan lagi, dimana pemerintah daerah, kecamatan sampai desa nantinya akan terus bersinergi.

“Dukungan dari Pemkab Bekasi sudah maksimal kedepan akan mencoba mensinergikan dengan seluruh perangkat daerah yang ada di Kabupaten Bekasi, contohkan meningkatkan kesejahteraan kesehatan, nanti kita akan bergandengan tangan dengan Dinas Kesehatan,” ujar dia.

Tambah Ida, PKK sekarang bener-benar bisa berkiprah di tengah masyarakat, dirinya sebagai SKPD akan mensuport program pokok mereka (PKK), salah satunya program Sekoper Cinta dari Provinsi.

“Saya sebagai dinas akan terus mendukung program PKK, salah satunya program Sekoper Cinta ini,” tandasnya.

Adapun kegiatan lainnya dalam launching Sekoper Cinta, yaitu pemotongan tumpeng dan pemberian hadiah lomba 10 program pokok PKK tingkat Kabupaten Bekasi yang di juarai oleh Desa Mekarsari Kecamatan Tambun Selatan sebagai juara 1, Desa Cipayung Kecamatan Cikarang Timur sebagai juara 2 dan Desa Sirnajaya Kecamatan Serang Baru sebagai juara 3. (adv)

Facebooktwittergoogle_plusmail